ALBINO



Apa itu albino 

Albinisme atau albino adalah kelainan keturunan yang ditandai dengan berkurangnya produksi melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut dan mata) sepenuhnya atau sebagian. ... Beberapa dari mereka juga sensitif terhadap paparan matahari dan berisiko mengalami kanker kulit.

Pernah melihat anak albino yang memiliki kulit sangat pucat? 
Seluruh badan putih hingga bulu-bulu, termasuk bulu mata berwarna? 

Kondisi kelainan pada produksi melanin sehingga menyebabkan penderitanya tidak memiliki pigmen tersebut disebut juga dengan Albino atau albinisme. Akibat tidak adanya melanin akhirnya membuat seorang anak albino akan memiliki karakteristik kulit pucat dengan rambut putih, hingga adanya kelainan tambahan pada matanya. 

Kondisi kelainan mata pada penderita albino disebut nystagmus, di mana pandangan mata pengidap bergerak tak tentu arah, terus-menerus berpindah dari satu titik ke titik lain.

Kelainan kulit ini memang terbilang langka, bahkan para peneliti memperkirakan hanya satu orang dari 17.000 populasi yang mengalami albino. 
Ternyata di Indonesia memiliki sebuah kampung yang disebut dengan kampung Albino. Adalah Ciburuy, di :

 Kabupaten Garut  
Kecamatan Bayongbong

satu daerah yang dihuni sejumlah penduduk dengan kondisi albino. 
juru pelihara Situs Ciburuy, Suryana 
mengungkapkan manusia albino yang yang tinggal di kampungnya merupakan keturunan dari sunda-walanda (Sunda-Belanda) yang dulu hidup di Ciburuy. 

Salah satunya adalah Siti, yang memiliki seorang anak albino. Kepada kami, ia mengatakan anaknya, Jajang Gunawan terlahir normal. Ketika tahu anak yang dilahirkan albino, ia tidak kaget lantaran anak albino sudah menjadi bagian sejarah kampungnya.

Bagaimana merawat albino ?
Apa yang menyebabkan anak albino?

ikuti terus blog kami untuk INFO selanjutnya !!!

Komentar